Dalam membuat website, kita harus mengerti kebutuhan client. Beberapa tahap yang perlu ditempuh supaya developer mengerti kebutuhan website client:
1. Mengetahui jenis bisnisnya
2. Tujuan website
3. Siapa target pengunjung web
4. Content apa yang akan ditampilkan
5. Pesan apa yang ingin ditonjolkan kepada pengunjungnya
6. Tentukan layout
7. Tentukan kesan
1. Mengetahui jenis bisnisnya
Pertama-tama harus mengerti jenis bisnisnya. Ini bisa kita dapatkan saat calon client pertama kontak ataupun saat pertemuan pertama. Dari jenis bisnisnya kita punya gambaran apa saja yang akan ditampilkan dalam website
2. Tujuan website
Tujuan website menentukan content yang akan ditampilkan. Jika tujuan pembuatan website adalah untuk 'company awareness', maka informasi company profile lebih ditekankan. Untuk menyajikan produk, berarti produk katalog yang akan lebih ditonjolkan.
3. Target pengunjung
Untuk target pengunjung company, maka informasi daftar client penting. Jika targetnya individu, informasi tentang pelayanan yang lebih personal seperti layanan antar dan sebagainya adalah penting.Lokasi pengunjung menentukan bahasa apa yang akan digunakan.
Hal yang perlu dipikirkan juga adalah informasi :
- apa yang ingin pengunjung dapatkan
- tema apa yang menarik bagi pengunjung
- seberapa sering pengunjung ingin website anda diupdate
- seberapa detail informasi yang ingin pengunjung dapatkan
4. Mengetahui content
Setelah mengerti jenis website, tujuan pembuatan website, target pengunjung, maka kita mengerti gambaran content-content apa yang akan ditampilkan.
Selanjutnya kita mempunya bayangan navigasinya. Navigasi tersebut kemudian dituangkan dalam skeleton yang berisi navigasi utama, sub menu, dan halaman-halaman di bawah sub menu tersebut. Halaman-halaman tersebut yang ada adalah cerita di belakang bisnis yang merangsang pengunjung mengklik.
5. Informasi yang akan ditonjolkan
Setelah mengetahui content yang akan ditampilkan, maka kita perlu mengetahui pesan apa yang ingin ditonjolkan.
Beberapa kemungkinan:
- Nama bisnis
- Slogan
- Produk tertentu
Dari pesan yang akan ditonjolkan ini, kita akan menentukan informasi yang akan ditampilkan di halaman utama atau Home
6. Menentukan layout
Setelah mengetahui content dan apa yang akan ditonjolkan, maka berikutnya adalah menentukan layout
Untuk yang ingin menampilkan Nama bisnis atau slogan, konsepnya bisa 'low density content'
Untuk product bisa 'medium density content'. Untuk news bisa memakai 'high density content'
7. Menentukan kesan
Langkah berikutnya adalah mengetahui kesan yang akan ditampilkan. Ini berkaitan dengan pemilihan warna. Dalam melakukan hal ini kita juga harus tahu logo perusahaan dan juga warna yang dipakai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar