Halaman

Jumat, 25 Januari 2013

Cara Memilih Web Hosting Yang Baik

Memilih web hosting sangatlah mudah, yang penting harganya murah dan penyedia layanan web hosting sudah terpercaya. Sayangnya, itu hanyalah sebuah mitos. Dan lebih parahnya lagi, mitos ini cukup banyak menyesatkan para pemula dalam mencari layanan hosting, baik di Indonesia maupun diluar negri.

Web hosting ini sendiri ibarat sebuah lahan atau fondasi, sedangkan website kita adalah bangunannya. Tidak peduli seberapa indah desain interior maupun eksterior bangunan kita, apabila fondasinya tidak kokoh, maka bangunan itu akan terancam keberadaannya.

Saat ini jasa penyedia layanan web hosting berkembang cukup pesat, terutama di Indonesia. Artinya, kita harus lebih teliti dalam memilih web hosting untuk website kita. Tujuan utamanya adalah mendapatkan web hosting semurah mungkin dengan layanan yang sebaik mungkin, cukup jelas kan? :)

Nah, dibawah ini saya akan mencoba untuk memaparkan panduan dalam memilih web hosting berupa poin - poin penting yang secara umum harus dimiliki oleh penyedia layanan web hosting.

  1. Terpercaya

    Untuk mengetahui web hosting yang terpercaya, ada beberapa hal yang dapat kita tengok terlebih dahulu. Pertama, lihatlah website penyedia layanan ini apakah menurut anda dapat dipercaya sebagai web hosting atau hanya website asal-asalan yang dibuat untuk menipu. Tentu tidak sulit kan membedakannya?  :)

    Kedua, Cari testimoni orang mengenai web hosting ini diluar website. Anda dapat melakukan pencarian di berbagai blog dengan menggunakan bantuan dari mesin pencari kesukaan anda.
     
  2. Memiliki Layanan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

    Selanjutnya, sesuaikan layanan yang ditawarkannya. Apakah sesuai dengan kebutuhan anda? Adakah hal-hal spesifik yang anda cari dari sebuah web hosting? Kalau untuk saya pribadi, secara umum, web hosting yang saya cari harus memenuhi beberapa standar seperti :

    - Menggunakan Control Panel Cpanel. Ini adalah control panel yang paling popular. Apabila anda mengalami kesulitan seputar control panel ini, anda dapat dengan mudah menemukan solusinya di mesin pencari kesukaan anda.

    - Menyediakan Layanan Pemberdayaan Email Lengkap. Untuk segala aktifitas menggunakan email yang nantinya mungkin akan kita butuhkan, tidak ada salahnya kalau kita memastikan kemampuan untuk layanan ini di awal pemilihan web hosting. Layanan yang saya butuhkan disini antara lain adalah SMTP, POP, IMAP, Mailing List, Webmail, dan Autoresponder.

    - Mensupport Bahasa Pemrograman dan Database. Bisa dibilang ini hal yang paling penting. Pastikan bahasa pemrograman yang disupport oleh web hosting anda sesuai dengan versi yang anda gunakan dan mendukung untuk website anda. Apakah webste anda menggunakan MySQL5? HTML5? CSS3? PHP5? Python? Perl? ASP? PostgreSQL? Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Sekali lagi, ini yang paling penting.
     
  3. Uptime

    Uptime adalah waktu dimana web hosting ini beroperasi / online. Biasanya dihitung dalam satuan persen, dimana 100% berarti situs hosting tersebut tidak pernah down sama sekali. Pada umumnya, web hosting akan  mencantumkan uptime mulai dari 99.5% hingga 99.9% uptime. Bisa dipastikan bahwa setiap web hosting sudah mencantumkan ini pada websitenya. Kalau sampai tidak, berarti web hosting ini layak untuk diragukan.
     
  4. Layanan Costumer / Support 24 Jam

    Untuk saya pribadi, layanan ini sangatlah penting. Dunia maya adalah dunia yang tidak pernah tertidur, jadi anda juga harus memilih web hosting dengan layanan customer 24 jam untuk mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi pada web hosting anda. Yang lebih penting lagi, anda harus dapat menilai bagaimana layanan customer service dalam menjawab pertanyaan anda. 

    Saya lebih memilih Customer Service yang bisa menjawab pertanyaan lewat SMS. Kenapa? Karena akan lebih cepat direspon tanpa alasan. Kalau hanya lewat email, mereka bisa bikin alasan. "Maaf pak, saya baru melihat email karena tadi sedang diluar" atau "Maaf pak, email bapak baru masuk". Nah,  jadi lebih enak kalau kita SMS, kalau bisa BBM atau lebih baik via telepon untuk respon yang lebih cepat.
Bila boleh saya merekomendasikan, dari beberapa layanan web hosting yang pernah saya gunakan. Beberapa di antaranya adalah MWN ( http://www.masterweb.net ) dan Allnetspace (http://www.allnetspace.com). Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda. 

MWN misalnya, tampilan websitenya sangat bagus. Saat pertama kali anda melihat websitenya pun anda akan langsung tahu kalau mereka adalah penyedia layanan web hosting yang terpercaya. Kekurangan yang saya rasakan di MWN adalah sangat sulit sekali untuk menghubungi layanan customernya, terutama karena saya sering merasa kesulitan dengan Control Panel Spanel yang merupakan control panel kostumisasi dari MWN sendiri. 

Kekurangannya yang lain, MWN tidak menyediakan layanan SMTP pada paket - paket hosting standardnya. Hal ini sangat menyulitkan, apalagi kalau website anda ingin menggunakan fitur yang dapat mengirim email ke pengunjung seperti News Letter dan Guest Book.

Sesudah 2-3 kali menggunakan MWN saya pun mencoba mencari web hosting lainnya, kebetulan disini saya menemukan Allnetspace ( http://www.allnetspace.com ). Jujur pertama saya melihat websitenya, saya sedikit merasa kurang yakin akan web hosting ini, mungkin karena halaman websitenya yang sederhana.

Setelah saya lihat lebih teliti, ternyata Allnetspace bisa menjawab semua kebutuhan saya. Pertama, menggunakan CPanel. Kedua, Menyediakan Layanan SMTP. Ketiga, Harga yang terjangkau untuk Disk Space yang bisa dibilang lumayan besar. Dan yang terakhir, Allnetspace memiliki layanan customer yang sangat memuaskan.

Sekian artikel tentang cara memilih web hosting yang baik yang baik dari saya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Semoga bermanfaat!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar